Formulasi Dan Uji Efek Anti-Aging Krim Ekstrak Kelopak Bunga Rosella {Hibiscus sabdariffa L.)

Posted on

BABI

PENDAHULUAN

1.1LatarBelakang

Penampilan merupakan salah satu aspek yang bisa membuat rasa percaya diri yang tinggi. Meskipun umur seseorang sudah tidak remaja lagi, penampilan kulit yang halus tanpa keriput dan berseri menjadi dambaan.

Masalah yang sering muncul dewasa ini adalah gejala penuaan dini.

Meskipun ini bukanlah penyakit atau gangguan kesehatan yang kronis, namun memiliki dampak psikologis luar biasa pada diri setiap orang (Bodagenta, 2012). Sebagai organ paling luar, kulit langsung terpapar dengan lingkungan prooksidatif seperti radiasi sinar UV, obat-obatan, polusi udara, asap rokok, radiasi, alkohol dan paparan zat tertentu (Deny, dkk., 2006). Akibatnya kulit terlihat kering dan tipis, muncul garis-garis atau kerutan halus, muncul pigmentasi kulit, terlihat tidak kencang, kusam dan tidak segar (Mulyawan, 2013).

Proses menua merupakan suatu proses fisiologis dan terjadi pada semua organ tubuh manusia, termasuk kulit.Proses menua padakulit dapat dibedakan atas dua, yaitu proses menua instrinsik (proses menua sejalan dengan waktu) dan proses menua ekstrinsik (proses menua yang dipengaruhi faktor eksternal, seperti pajanan sinar matahari yang berlebihan (photoaging), polusi, kebiasaan merokok, dan nutrisi.

Antioksidan alami bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, dan sumber lainnya salah satunya adalah bunga rosella (Hibiscussabdariffa L.). Menurut Ir.

Didah Nurfaridah, dalam penelitiaannya tentang uji komponen zat gizi dan aktivitas antioksidan pada kelopak bunga rosella.

Penggunaan ekstrak kelopak rosella secara langsung pada kulit tidaklah praktis, oleh karena itu diformulasikan dalam sebuah sediaan kosmetik yang mudah digunakan dengan memanfaatkan aktivitas antioksidan dalam kelopak bunga rosella yaitu dibuat dalam bentuk krim. Krim merupakan emulsi setengah padat dan umumnya kurang kental dan lebih ringan. Krim dianggap lebih mempunyai daya tarik estetika yang lebih besar karena sifatnya tidak berminyak dan kemampuaan menyerap dalam kulit pada saat pengolesan (Ansel, 1989). Krim anti-aging dirancang secara khs untuk mencegah penuaan dini. Menyamarkan noda atau flek hitam di wajah dan menghilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *